Kamis, 11 Februari 2016

[Resep] Empal Gepuk Daging Sapi


Berencana mau ke Jambi Bulan Januari kemarin, aku masakin makanan yang super enak khas sunda buat suami tercinta. Setelah browsing2, pilihanku jatuh pada Masakan Empal Daging yang manis-manis gurih. Dan ternyata abang suka banget. "Masakan neng apa aja juga suka." yah, dia mah gitu orangnya.

Aku nyobain resep empal daging yg direkomendasiin sama sobatku di kantor. Tapi jintan hitam dan parutan kelapanya nya gak beliii... gak ada di supermarket tempat aku belanja. 

Resep dapat di http://www.justtryandtaste.com/2013/07/empal-gepuk-daging-sapi.html

Bahan:
- 1 kg daging sapi, potong-potong melintang serat dengan ukuran besar
- 90 ml santan kental instant (saya pakai santan sachet)
- 3 sendok makan parutan kelapa, sangrai hingga kecoklatan, haluskan <-- gak pake
- 1 liter air untuk merebus daging

Bumbu dihaluskan:
- 8 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 butir kemiri sangrai
- 1 sendok makan ketumbar, sangrai
- 1/4 sendok teh jintan, sangrai bersama ketumbar <-- gak pake
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 2 ruas jahe
- 1 ruas kunyit
- 2 ruas lengkuas
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya




Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 60 gram gula jawa, sisir
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan air asam jawa
- bawang merah goreng untuk taburan


Cara masaknya plek ngikutin penjelasan di website. Dan hasilnya maknyoosss... enak bener dan segar. Aku sih kepikiran klo bikin lagi mau ganti santennya dengan susu murni putih gt. enak gak yaaa... hehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar