Kamis, 19 April 2018

Opor ayam kampung

Bekal ke kantor hari ini adalah opor ayam kampung. Sebenarnya masaknya kemarin sih, sore2 buat paksuami buka puasa. Tapi masih ada sisa satu, jadi aku bawa bekal aja.
Dan rasanya amazing bikin opor sendiri, padahal biasanya kan dibikinin atau beli ya...hehe
Belakangan emang pengen banget macam opor atau ketupat sayur gitu.
Awalnya sih si ayam kampung mau aku bikin Sayur sop, tapi karena ternyata aku gak punya daun seledri, langsung banting stir deh. Liat2 cookpad, ada opor, cobainlah. Dan ternyata bahan2nya ada semua... kecuali jahe dan daun jeruk, tp show must go on lah...

So ini resepnya yang aku dapat dari cookpad oleh: Neng Ulien

Bahan-bahan
1 kg ayam
3 siung Bawang putih
3 butir Kemiri
Garam
Daun salam 3 lembar
Daun jeruk 2 lembar (skip karena gak ada)
Seruas jahe (skip karena gak ada)
Seruas lengkuas
Seruas kunyit
2 buah serai
Penyedap rasa (aku skip)
Gula putih sedikit
Santan Sachet
Air 1 gelas

Cara memasaknya:
Bersihkan ayam kampung dan beri sedikit perasan jeruk nipis/lemon
Haluskan bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, dan garam. Kemudian geprek lengkuas dan 
serai, kemudian ditumis hingga harum, tambahkan daun salam dan daun jeruk.
Masukkan segelas air. Karena aku cuma masak 3 potong ayam kampung yang potong 8.
Masak hingga empuk (kurang lebih 20-30 menit), Masukkan satu sendok teh santan sachet kara. Kemudian aduk rata, tambahkan sedikit gula pasir dan test rasa.
Kemudian disajikan dengan bawang goreng.



*)resep yang warna biru itu tambahan dari aku.

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak sudah menulis kembali resep aku 🙏🙏 semoga suka yah mba... 😁

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak sudah menulis kembali resep aku 🙏🙏 semoga suka yah mba... 😁

    BalasHapus